INFORMASI :

Desa Menganti Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen

PROFIL ADAT ISTIADAT DESA MENGANTI

PROFIL ADAT ISTIADAT DESA MENGANTI

PROFIL ADAT ISTIADAT DESA MENGANTI

        Sejak jaman dahulu sebagai orang Jawa mempunyai caranya sendiri untuk dapat memahami dan menghormati tempat dimana mereka hidup dan tinggal guna saling berjalan dengan aman tentram serta sejahtera bersama. Alam dan seisinya adalah anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk umat manusia. Kita sebagai umat manusia harus menjaga dan melindungi serta melestarikan alam supaya kita hidup selaras dengan alam dimana umat manusia menbutuhkan hidup bahagia.

        Di Desa Menganti, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen ketika waktu akan menanam bibit padi maka diadakan kegiatan SEDEKAH BUMI. Sedekah bumi merupakan salah satu kegiatan yang menjadi adat istiadat Desa Menganti yang sudah turun temurun dari dulu.

        Sedekah bumi masih banyak kita jumpai yang kehidupanya masih bertumpu pada sektor pertanian, Sedekah ini menjadi saran warga Desa untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang telah diberikan.

        Dalam kegiatan sedekah bumi tersebut warga Desa Menganti melaksanakan pemotongan 5 ekor Kambing yang mana pemotongan kambing tersebut dilakukan disetiap Dusun,karena Desa Menganti ada 5 Dusun jadi untuk pemotongan setiap Dusun 1 ekor Kambing dan dilanjukan pada waktu sore hari warga Desa Menganti mengadakan kenduri untuk berdoa memohon supaya diwaktu menanam bibit padi tumbuh subur dan terkena hama tanaman serta yang lainnya hingga sampai panen, dan seterusnya bila mau menginjak waktu tanam masyarakat Desa Menganti mengadakan kegiatan sedekah bumi atau nama lain Wedusan itu juga untuk pembelian ekor kambing diambil dari swadaya masyarakat Desa Menganti. Karena untuk Desa Menganti 2 kali musin tanam makan untuk sedekah bumi diadakan 2 kali.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung